Uncategorized

Apa itu Kacamata Anti Radiasi Komputer? Fungsi & Penggunaannya

Sekarang ini zaman serba digital dan di kehidupan sehari-hari pun juga tidak bisa lepas dari yang namanya gadget seperti melihat layar smartphone ataupun komputer.

Apalagi untuk anak-anak sekolah, mahasiswa perguruan tinggi, ataupun orang yang bekerja di perusahaan tertentu pastinya tidak bisa jauh dari yang namanya komputer. Kini komputer menjadi suatu kebutuhan yang wajib dipenuhi karena memang fungsinya yang sangat penting untuk menunjang suatu pekerjaan.

Namun sayangnya saat kita terus-terusan menatap layar komputer tentu akan akan merusak kesehatan mata. Apalagi jika mata tidak dilindungi, pastinya risiko kerusakan mata juga akan semakin besar.

Maka dari itulah kacamata anti radiasi komputer kini semakin banyak digunakan oleh orang-orang yang bekerja di depan layar komputer. Kacamata ini juga bermanfaat untuk menangkal sinar biru dari komputer sehingga memperkecil dan bahkan mencegah kerusakan mata.

 

Bahaya Sinar UV dan Blue Light

Sinar Ultraviolet (UV)

Seperti yang diketahui, radiasi tidak hanya dari komputer atau gadget lainnya, tapi dari sinar ultraviolet (UV) juga. Meskipun sinar matahari pagi bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tapi jika berlebihan akan berakibat tidak baik. Sinar UV yang berbahaya yaitu UVA dan UVB yang baik dalam jangka waktu panjang ataupun pendek bisa menimbulkan dampak buruk untuk mata seperti peradangan kornea mata, dan bahkan jika terlalu lama terkena sinar UV mata akan berisiko mengalami katarak.

Radiasi Blue Light

Nah, kalau radiasi blue light ini berasal dari layar ponsel, layar laptop, komputer, ataupun peralatan elektronik lainnya. Meskipun dampak dari radiasi blue light ini tidak separah radiasi sinar UV, namun jika dibiarkan saja malah bisa menimbulkan kerusakan pada mata. Paparan blue light yang berlebih bisa menyebabkan masalah seperti sakit mata, gangguan tidur, dan juga mata perih. Bahkan jika mata terpapar blue light ini dalam jangka waktu yang lama, bisa-bisa dampak yang ditimbulkan akan semakin parah seperti katarak, degenerasi mata, dan bahkan kanker mata.

Manfaat Menggunakan Kacamata Anti Radiasi Komputer

Kita telah mengetahui ya apa saja bahaya dari radiasi komputer, sehingga mengingatkan kita untuk selalu menjaga kesehatan mata seperti mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan juga menggunakan kacamata anti radiasi komputer. Lantas, apa saja ya manfaat dari kacamata anti radiasi komputer ini? Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan di bawah ini ya.

  1. Kacamata anti radiasi komputer menggunakan teknologi pelapisan ion vakum dan tentunya juga bisa melindungi mata dari radiasi elektromagnetik yang berbahaya, sehingga kacamata anti radiasi komputer disebut tidak memiliki efek samping yang buruk untuk mata para penggunanya.
  2. Selanjutnya, lensa di kacamata tersebut mengandung bahan anti radiasi yang bermanfaat untuk menyerap gelombang mikro frekuensi rendah. Selain itu juga dapat mengatasi berbagai gejala gangguan kesehatan seperti demam, sakit kepala, kekeringan, dan juga kelelahan.
  3. Kacamata anti radiasi komputer mempunyai fungsi untuk penetrasi dan penyerapan, sehingga bisa menyesuaikan dengan lampu dan cahaya pada saat kacamata anti radiasi sedang digunakan.
  4. Dan manfaat yang terakhir yaitu kacamata anti radiasi komputer bisa mencegah masuknya sinar berbahaya yang bisa menyebabkan mata rusak.

Tips Memilih Kacamata Anti Radiasi Komputer

 

Pilih Lensa dengan Ukuran Besar

Ukuran lensa kacamata akan sangat berpengaruh dengan pantulan radiasi yang akan dihalangi oleh kacamata. Jadi, semakin besar lensa kacamata kamu maka semakin kecil juga kemungkinan mata akan terkena paparan radiasi komputer. Meskipun memilih lensa dengan ukuran besar, sebaiknya tetap perhatikan kenyamanannya juga ya.

 

Desain Lensa yang Baik

Selain ukurannya yang besar, pastikan lensa kacamata terbuat dari bahan yang berkualitas baik. Untuk mengetahui apakah desain lensa baik atau tidak, maka kamu bisa menggunakan kacamata dan tutuplah salah satu mata. Fokuskan penglihatan kamu ke pola persegi atau bisa juga ke garis lurus. Setelah itu, geser posisi kacamata secara perlahan dari satu sisi ke sisi yang lainnya.

Jika garis atau pola yang kamu lihat seperti bergoyang ataupun miring, bisa diartikan bahwa lensa kacamata tersebut kurang baik.

 

Penggunaan Kacamata Anti Radiasi

Penggunaan kacamata anti radiasi komputer ini bisa kamu gunakan di berbagai aktivitas saat menggunakan komputer dan sebagainya. Sedangkan jika kamu sering mengalami gangguan mata seperti mata kering, merah, penglihatan buram, maka diwajibkan untuk menggunakan kacamata anti radiasi ini agar kondisi mata tidak semakin parah ya.

Untuk memilih kacamata anti radiasi dengan berbagai frame yang diinginkan, desain yang baik, dan harganya juga sangat terjangkau, kamu bisa mengunjungi Optik Timur yang menyediakan layanan pemeriksaan mata GRATIS. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Whatsapp +6282213135051 atau klik website www.optiktimur.com.